Makanan Kaya Antioksidan

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber polifenol yang terkenal, yang merupakan salah satu alasan mengapa mereka dikreditkan sebagai makanan yang sangat baik untuk Anda. Namun, ada penelitian baru, yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Chemical Society (ACS) yang menemukan sejumlah besar antioksidan kuat yang sama dalam Minuman Berserat biji-bijian. Jadi, apakah biji-bijian merupakan makanan kaya antioksidan baru yang harus kita makan?

Itu benar, senyawa baik untuk Anda yang sama membuat penampilan yang mengesankan di beberapa sereal sarapan yang cukup populer (dan lezat) dan camilan renyah.

Studi terobosan melibatkan pengukuran kandungan antioksidan total dari sereal sarapan populer dan makanan ringan gandum utuh yang tersedia Jual Flimty di supermarket.

Makanan yang diukur meliputi tepung gandum utuh, 28 sereal sarapan siap saji, 4 sereal panas, dan 38 makanan berbasis gandum lainnya, seperti pasta, popcorn, kerupuk, dan keripik.

Suatu ketika para peneliti mengira serat dalam biji-bijian inilah yang menawarkan semua manfaat bagi tubuh … tapi tidak lebih.

“Para peneliti awal mengira serat adalah bahan aktif untuk manfaat ini dalam biji-bijian, alasan mengapa mereka dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung koroner,” jelas peneliti Joe Vinson, PhD, seorang ahli kimia di University of Scranton di Pennsylvania. “Namun baru-baru ini, polifenol muncul sebagai potensi yang lebih penting. Sereal sarapan, pasta, biskuit, dan camilan asin merupakan lebih dari 66% asupan gandum utuh dalam makanan AS.”

Polifenol adalah bahan kimia yang terjadi secara alami pada tanaman dan memiliki sifat anti-inflamasi. Ilmu pengetahuan percaya bahwa antioksidan yang paling melimpah ini membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan dapat membantu dalam memerangi penyakit jantung dan kanker. Mereka bahkan mungkin menawarkan perlindungan terhadap penyakit Alzheimer.

Daftar sereal sarapan teratas adalah Raisin Bran, dengan jumlah antioksidan tertinggi per porsi pada 524 miligram. Kismis mendapatkan jumlah kredit yang baik untuk ini. Berdasarkan penyajiannya yang khas, Vinson dan timnya menemukan bahwa sereal gandum memiliki tingkat antioksidan tertinggi, diikuti oleh jagung, gandum, sereal gandum panas, dan sereal beras.

Sereal dingin lainnya seperti yang memiliki perasa kayu manis dan kakao lebih tinggi antioksidan yang mungkin Anda harapkan hanya dari kandungan biji-bijian saja.

Kejutan lain? Sereal dedak yang terbuat dari gandum tidak jauh lebih tinggi antioksidannya daripada sereal gandum lainnya, meskipun mereka membawa lebih banyak serat. Makanan pokok sarapan seperti bubur gandum ternyata memiliki kadar polifenol yang lebih rendah dari yang diharapkan.

Ketika datang ke makanan ringan berbasis biji-bijian yang sarat dengan antioksidan yang bermanfaat, popcorn memiliki polifenol paling banyak (2,6%), meskipun untuk menjaga manfaat kesehatannya, pastikan dan perhatikan garamnya. Urutan berikutnya adalah kerupuk gandum (0,45%), sementara sebagian besar keripik tortilla yang diproses tidak begitu baik, meskipun tidak ada informasi tentang merek makanan ringan yang diperiksa.

Ahli gizi yang telah lama meminta kita untuk meningkatkan konsumsi hal-hal seperti teh hijau, anggur merah, buah-buahan dan kacang-kacangan karena kandungan antioksidannya mungkin akan segera menambahkan pilihan gandum utuh ke dalam campuran.

Tetap hati-hati disarankan, terutama karena banyak merek sereal memiliki banyak bahan yang tidak begitu baik untuk Anda. Terlebih lagi, mudah untuk makan lebih banyak sereal daripada yang Anda inginkan, jadi perhatikan ukuran porsinya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *